10 Cara Olahraga Otak 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia 10 Situs Berita Teknologi Terbaik 10 tip merawat ban apa itu kamera mirrorless Audio audio komputer avanza cara hemat bbm daftar makanan surabaya daftar warung surabaya diet Evolusi android evolusi windows evolusi windows dari masa evolusi windows dari masa ke masa Fitur baru windows 10 foto terbaik instagram 2012 frekuensi suara Gadget Gede Prama golongan darah google search headphone Hemat BBM Hitung Pemakaian listrik Ijoker excel Ijoker IEM Review Ijokerl IEM excel Inovasi Apple Inovasi Apple dan google Inovasi google Inspirational jarak antar speaker jarak speaker ke dinding Jenis Headphone jenis jenis kopi jenis kopi Jenis oli jus alpukat kabel kabel audio kabel dan konektor Kamera mirroless kerja Kesehatan kiat hemat bbm Komputer komputer audio konektor konektor audio Kuliner listrik Logitech g402 logitech g402 review lukisan paling terkenal di dunia lukisan salvador dali macam jenis headphone macam kopi macam macam kopi makanan daerah indonesia makanan indonesia Makanan Khas 33 Provinsi di Indonesia Makanan Khas Indonesia makanan khas provisi makanan surabaya Managemen energi manfaat alpukat Manfaat Kopi memanaskan mesin mobil membeli headphone membersihkan interior mobil membersihkan jok kulit membersihkan jok mobil membersihkan mobil abu memilh kaca film mobil memilih headphone memilih oli menghitung pemakaian listrik Meningkatkan kualitas video pada media player classic mie instant terlezat mie jepang mogami mogami 2534 mogami 2893 neutrik nissan juke nismo nissan juke nismo tdkr nissan nismo nissan nismo tdkr olahraga otak otak otomotif oyaide Panduan membeli Headphone Panduan memilih Headphone panduan memilih oli peletakan speaker yang baik peletakanan speaker Pemakaian listrik penjelasan kamera mirrorles perawatan mobil musim hujan Perayaan Malam Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia Perbedaan DVD Perbedaan DVD+R dan DVD-R perkembangan windows psikologi raket raket badminton ramen Sejarah kopi Sennheiser setting equalizer soba Spooring balancing Staging dan Imaging surabaya switchcraft Tarif listrik tdl listrik timeline apple timeline google tip merawat ban tip merawat ban mobil Tips and Trick tips hemat bbm tips media player classic Tips memilih kaca film mobil tips memilih oli tips memilih raket badminton tips peletakan speaker tips peletakan speaker yang baik tune up udon viablue warung warung surabaya windows 10 shortcut xenia

Pentingkah Spooring dan Balancing?



Mobil-mobil yang sering melanggar servis berkala untuk kaki-kakinya akan mudah menemukan masalah. Seperti keausan ban tidak merata, berdengung, gejala limbung, getaran saat berjalan atau mobil cenderung membelok meski posisi setir sedang lurus.

Jika sudah begini, maka proses spooring dan balancing mutlak untuk dilakukan. Ibarat meluruskan langkah, spooring  bertujuan untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri.

Proses spooring  tidak hanya berkutat di area roda saja, melainkan di sistem suspensi dan kemudi. Meliputi penyetelan ball joint,  as roda, crossmember  dan tie-rod.

Balancing  berguna untuk membalans roda agar berputar dengan distribusi bobot merata. Maka itu diperlukan pemberat berupa timah demi menyeimbangkan bobot. Proses ini membutuhkan perhatian lebih dari pemilik kendaraan ataupun mekanik yang mengeksekusinya.

Pastikan sisi dalam pelek bersih dari segala jenis kotoran selain timah pemberat. Kerikil atau apapun yang menempel akan menjadi berlipat beratnya ketika roda berputar. Sehingga tercipta pemberat lain yang tidak dibutuhkan oleh pelek itu sendiri.

Alhasil, ritual balancing  tidak akan mencapai hasil maksimal. Sangat disarankan untuk menutup bekas tempelan timah sebelumnya dengan lakban atau solasi agar sisa lemnya tidak mengikat debu dan kerikil.

Lantas apa saja yang membuat kaki-kaki mobil bermasalah? Banyak penyebabnya, misalnya sering menghajar lubang, muatan berlebih (overload) atau tekanan ban yang tidak ideal. Kondisi itu secara akumulatif akan merusak komponen kaki-kaki mobil.

Sebaiknya spooring dan balancing berkala rutin dilakukan setiap 20.000 km dan bisa lebih cepat jika sering melewati jalan berlubang. Bila hal ini rutin dilakukan, usia pakai ban akan semakin lama, apalagi bila dipadu dengan penggunaan ban serep dalam rotasi berkala.

Tergantung teknisi
Seiring perkembangan zaman, alat yang digunakan pun semakin canggih. Modul pemindainya ada yang menggunakan kabel, infrared  atau Bluetooth. Namun itu semua prinsipnya hanya memberikan data yang lebih akurat. Kesempurnaan hasil akhir tetap pada sentuhan teknisi yang mengerjakannya.

Sebelum dilakukan penyetelan, mesti dipastikan juga semua komponen kaki-kaki ini dalam kondisi baik. Karena langkah penyetelan akan percuma jika dudukan atau ulirnya sudah aus.

Berapa biayanya?
Untuk proses balancing  per roda, biayanya sekitar Rp 20.000. Itu harga yang ditetapkan bagi pelek berukuran 15 inci-16 inci. Semakin lebar diameter pelek, semakin besar pula biayanya. Maksimal adalah Rp 40 ribu per roda.

Sedangkan untuk spooring, biayanya sekitar Rp 160 ribu, tergantung mobilnya juga. Beberapa mobil seperti merek-merek Eropa yang memiliki konstruksi kaki-kaki yang lebih rumit, membutuhkan biaya tambahan menjadi sekitar Rp 200 ribu.

Waktu pengerjaan untuk menyelesaikan rangkaian proses tersebut hanya satu sampai dua jam.

Post a Comment

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.