10 Cara Olahraga Otak 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia 10 Situs Berita Teknologi Terbaik 10 tip merawat ban apa itu kamera mirrorless Audio audio komputer avanza cara hemat bbm daftar makanan surabaya daftar warung surabaya diet Evolusi android evolusi windows evolusi windows dari masa evolusi windows dari masa ke masa Fitur baru windows 10 foto terbaik instagram 2012 frekuensi suara Gadget Gede Prama golongan darah google search headphone Hemat BBM Hitung Pemakaian listrik Ijoker excel Ijoker IEM Review Ijokerl IEM excel Inovasi Apple Inovasi Apple dan google Inovasi google Inspirational jarak antar speaker jarak speaker ke dinding Jenis Headphone jenis jenis kopi jenis kopi Jenis oli jus alpukat kabel kabel audio kabel dan konektor Kamera mirroless kerja Kesehatan kiat hemat bbm Komputer komputer audio konektor konektor audio Kuliner listrik Logitech g402 logitech g402 review lukisan paling terkenal di dunia lukisan salvador dali macam jenis headphone macam kopi macam macam kopi makanan daerah indonesia makanan indonesia Makanan Khas 33 Provinsi di Indonesia Makanan Khas Indonesia makanan khas provisi makanan surabaya Managemen energi manfaat alpukat Manfaat Kopi memanaskan mesin mobil membeli headphone membersihkan interior mobil membersihkan jok kulit membersihkan jok mobil membersihkan mobil abu memilh kaca film mobil memilih headphone memilih oli menghitung pemakaian listrik Meningkatkan kualitas video pada media player classic mie instant terlezat mie jepang mogami mogami 2534 mogami 2893 neutrik nissan juke nismo nissan juke nismo tdkr nissan nismo nissan nismo tdkr olahraga otak otak otomotif oyaide Panduan membeli Headphone Panduan memilih Headphone panduan memilih oli peletakan speaker yang baik peletakanan speaker Pemakaian listrik penjelasan kamera mirrorles perawatan mobil musim hujan Perayaan Malam Tahun Baru di Berbagai Penjuru Dunia Perbedaan DVD Perbedaan DVD+R dan DVD-R perkembangan windows psikologi raket raket badminton ramen Sejarah kopi Sennheiser setting equalizer soba Spooring balancing Staging dan Imaging surabaya switchcraft Tarif listrik tdl listrik timeline apple timeline google tip merawat ban tip merawat ban mobil Tips and Trick tips hemat bbm tips media player classic Tips memilih kaca film mobil tips memilih oli tips memilih raket badminton tips peletakan speaker tips peletakan speaker yang baik tune up udon viablue warung warung surabaya windows 10 shortcut xenia

Tips Membersihkan Interior dan Jok Mobil

1

Selesai liburan sekolah, langsung disambut lagi dengan bersiap melakukan perjalanan mudik hari raya. Berarti, saatnya melakukan bersih-bersih pada kabin.

JOK / KURSI

Jok merupakan salah satu faktor terpenting di dalam kabin karena disanalah kita akan duduk selama perjalanan. Jok mobil ini sendiri terbagi ke dalam banyak tipe sesuai dengan standar keluaran pabrik atau bisa juga jok yang telah mengalami proses penggantian. Bila jok sudah tidak nyaman lagi seperti busa yang sudah kempes atau keras, atau sarung jok sobek, maka langkah terbaik adalah dengan menggantinya dengan yang baru tetapi tetap mempertahankan rangka jok yang asli.

Tak sulit melakukan bersih-bersih jok tersebut. Langkah awal, sedot semua kotoran menggunakan vacuum cleaner. Lanjutkan dengan membersihkan jok itu sendiri dari noda yang menempel.

Bahan jok sendiri terbagi menjadi 3, fabric, sintetis serta kulit. Untuk bahan fabric tergolong sulit untuk dibersihkan. Jika belum parah, bisa gunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah parah, tak disarankan untuk dibersihkan.

"Prosesnya cukup lama, makan biaya dan tidak sesuai dengan hasilnya. Bahan tersebut harus dilepas, direndam, dicuci baru keringkan. Sama persis seperti menyuci baju. Lamanya 3 hari," sebut Ivan Prabowo Salim, dari Fabio Car Leather di kawasan Kelapa Gading, Jakut. Setelah dicuci, bahan fabric tak bisa kembali bersih seperti sediakala.

Berbeda lagi dengan bahan sintetis atau kulit. MBtech sebagai salah satu bahan sintetis menyediakan pembersihnya, bernama MBtech Cleaner dengan harga Rp 70-80 ribu

gbr1

gbr2

Proses pembersihkan untuk bahan sintetis lebih mudah. Tinggal semprot ke seluruh bagian jok (gbr.2). Tunggu sekitar 1 menit, kemudian gunakan lap kering untuk menyapunya (gbr.3). Jika noda sudah terlalu lama menempel, diamkan lebih lama, 15-20 menit supaya obat berbahan dasar air (waterbase) ini bekerja lebih maksimal. "Setelah itu sama saja, tinggal lap pakai yang kering," ujar Dana Iswanto, Brand Manager MBtech. Jangan segan-segan menggunakan sikat gigi untuk mengangkat noda yang sangat membandel.

Untuk yang berbahan kulit, bisa menggunakan produk dari Autoleder bernama Max Clean yang dihargai sekitar Rp 75 ribu. Berbeda dibanding cleaner yang berupa cairan, obat untuk bahan kulit ini berupa cream. Meski demikian, cara pakai juga sama. Tuangkan saja ke lokasi yang ingin dibersihkan (gbr.4). Diamkan beberapa saat supaya bekerja, lalu usap.

Idealnya pembersihkan jok dilakukan dua minggu satu kali. Supaya kotoran yang ada tidak menempel terlalu keras. Hindari pula merokok di dalam mobil serta membuka kaca dalam waktu lama.

Meski terlihat mudah, namun harus hati-hati memilih obat-obatan pembersih ini. Hindari yang bisa menghilangkan tinta ballpoint. Sebab, obat tersebut justru cukup keras dan berpotensi merusak bahan jok.

DASHBOARD
Bagian ini biasa nya sering sekali terkena sinar matahari langsung ketika pada saat di jalan dan juga parkir di tempat terbuka, dan apabila ini di biarkan bisa membuat dashboard tersebut menjadi kusam, dan retak-retak.

Cara membersihkan : Terlebih dahulu bersihkan debu yang terdapat pada permukaan dasbor dan konsol dengan kemoceng. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan dashboard dengan cara menggosok permukaan secara lembut dan merata menggunakan cairan pembersih khusus atau air hangat. Jangan menekan terlalu keras karena kemungkinan akan membuat dashboard terbaret. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu di bagian-bagian yang susah dijangkau seperti blower AC, lipatan-lipatan di pojok dasbor. Lalu segera lap dengan kain basah agar cairan pembersih tidak mengering dan bisa membuat flek pada dashboard.

Cara Perawatan :

  • Oleskan treatment protection sperti cairan perlindungan anti UV untuk memberikan kilap pada dashboard sekaligus menjaga kelembapan dasbor dan konsol.

  • Apabila sedang parkir, carilah tempat yang teduh atau gunakan pelindung untuk menutupi bagian kaca mobil guna melindungi dashboard dari sinar matahari.


Karpet
Karpet sangat mudah sekali kotor karena merupakan bagian yang paling sering diinjak. Terkadang entah disadari atau tidak kita memasuki mobil dengan alas kaki yang sebelumnya telah kotor dan menularkannya pada karpet mobil. Kotorannya bisa beragam mulai dari terkena lumpur, air, pasir, tanah, dan sebagainya. Karpet ada yg berbahan kulit sintetis dan ada juga berupa karpet biasa.

Cara membersihkan : Karpet yg berbahan kulit sintetis lebih mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan menggunakan kain lap saja dan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran kering. Sedangkan karpet yg berbahan kain bila kotoran yang melekat hanya berupa kotoran kering maka dapat dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, tapi jika kotoran bersifat basah seperti lumpur maka proses pencucian yang total seperti laundry dapat menjadi pilihan.

Cara Perawatan : Usahakan untuk membersihkannya serutin mungkin, terutama karpet bagian depan. Karena di atas karpet depan itulah lubang hisap udara kabin AC berada. Jika karpet depan kotor, maka tentu saja debu akan terhisap blower sehingga AC akan bercampur dengan bau yang tidak sedap

PLAFON
Bersihkan plafon dengan menggunakan air tetapi jangan sampai berlebihan, kemudian gosok dengan lap yang tidak terlalu basah. Sebab, konfigurasi plafon yang berlapis-lapis dan terdiri dari beragam material membutuhkan perawatan yang khusus. Perlu diketahui, lapisan luar plafon berbahan sejenis kain wool dan bila kena air, lapisan di atas wool akan menjadi lembab. Dan bila terjadi kelembaban yang berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, kelembaban juga menyeebabkan jamur. Segera bersihkan dengan lap daerah yang telah disikat dan disabun tersebut. Tak lupa saat mengeringkan hindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menarik plafond dan mengakibatkan efek gelembung.

AC atau PENYEJUK UDARA
Pergunakan AC sesering mungkin saat berkendara. Alat ini adalah bahan pendingin yang digunakan dalam siklus pendinginan. Refrigerant akan berubah bentuk dari gas menajdi cairan dan kembali lagi ke bentuk gas. Refrigerant juga mengandung pelumas yang akan melumasi kompresor AC. Pelumas ini berguna untuk menjaga seal dan pipa tetap lembab, karena bila kering dan retak akan menimbulkan kebocoran pada pipa-pipa AC.

Post a Comment

  1. blognya keren, numpang copas Antonius Wijaya Blog,
    sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
  2. Casino Table Games Near Me - KTM Hub
    A great place to meet a 논산 출장안마 group 수원 출장안마 of friends and new users! You can also play table games 서귀포 출장마사지 like blackjack, poker, roulette 사천 출장안마 and 경기도 출장마사지 more!

    ReplyDelete

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.